Selasa, 17 Februari 2015

TK Inklusi di Pinggiran Kota

Repost... aku copas dari salah satu status di timeline fb-ku...

Aku baru sadar kalau TK tempat Raina sekolah termasuk TK inklusi
artinya bisa menerima anak berkebutuhan khusus
Tadi pagi sewaktu mengantar Raina ke sekolah, aku melihat seorang temannya adalah anak dengan Down Syndrome. Zaki namanya...
Sorenya, aku ajak Raina bercakap-cakap

Aku: Na, mas Zaki tadi temen sekelasmu?
Raina: Mas Zaki anak baru bu, tapi langsung TK B...(Na masih TK A)
Aku: Oh pantes ibu baru liat. Kamu sering maen sama mas Zaki?
Raina: iyaa, dia suka ngejar temen-temennya dari belakang...
Aku: Ada yang suka nakalin mas Zaki ga?
Raina: Nggak...cuma pada manggil-mangil Zakiii...Zakiii, terus kejar-kejaran
Aku: Mas Zaki pinter apa kak, menggambar, mewarnai atau apa? 
Raina: Baca Iqro'nya cepet-cepet banget lho bu, suka duluin bunda...(Bunda ini sebutan untuk ibu guru)
Aku: Wah hebat...kamu mau kan temenan sama mas Zaki?
Raina: Iyaaa...

Bunda-bunda, salut deh buat kalian...
Karena mengajar dengan hati, dan tidak menganggap Zaki ini berbeda
Sehingga mendorong anak-anak lain melakukan hal yang sama
Yang ada ialah tiap anak itu unik
Masing-masing mereka hanya butuh penerimaan dan penghargaan...

Semoga ini menjadi bekal untuk anak-anak kita kelak
bisa menghargai suatu perbedaan
serta menyikapinya dengan bijak dan hati lapang


Mayang, 10 Februari 2015

1 komentar: