Jumat, 28 April 2017

Bisnis Buku Parenting dan Anak Bukan Sekadar Bisnis

Marhamah Za, atau kerap dipanggil Amah, seorang pegiat baca yang sangat mencintai buku. Sebagai seorang ibu, Amah tentunya ingin membekali diri dengan banyak membaca ilmu-ilmu tentang parenting. Sayangnya, akses untuk mendapatkan buku pilihannya sangat terbatas. Perpustakaan hanya berada di kota kabupaten, sedangkan di daerah tempat tinggalnya belum ada toko buku. Akhirnya Amah pun mencari dan membeli buku-buku pilihannya secara online.
Aktivitas sehari-hari sebagai ibu rumah tangga tak lantas membuatnya berdiam diri. Berawal dari empatinya terhadap para orangtua yang ingin mendapatkan bacaan bermutu tetapi terkendala dengan sulitnya akses untuk membelinya. Hal inilah yang mendorong Amah untuk merintis bisnis jualan buku secara online, terutama buku bacaan anak-anak, parenting, dan islami. Passion-nya di dunia pustaka membuatnyamenjalankan bisnisnya dengan sepenuh hati.
Mulailah Amah mencari peluang untuk menjadi marketer dari para penerbit dan agen, tapi kebanyakan dari mereka mengeluarkan syarat modal sebesar satu hingga lima juta rupiah. Sungguh nominal yang tak sedikit, karena saat itu Amah sedang mengalami keterbatasan modal.
Berkat kegigihannya untuk terus melakukan pencarian, Allah pun membukakan peluang bagi Amah sebagai salah satu marketer dan  reseller buku-buku karya Ibu Elly Risman, seorang pakar parenting.
Promosi pun mulai dilakukan sebatas lewat grup-grup WA. Tapi apa yang terjadi kemudian? Pada minggu pertama, Amah berhasil menjual sebanyak empat belas eksemplar. Sebuah respon yang sangat menggembirakan, karena buku-buku jualannya banyak diminati para orangtua. Bahkan banyak di antara pelanggannya yang melakukan repeat order. Hal ini sungguh membesarkan hatinya.
Amah mulai berani berinovasi dengan  mekanisme promosinya. Selain lewat grup-grup WA, kini ia pun merambah facebook sebagai ajang untuk promosi. Dia meyakini bahwa kekuatan media sosial yang digarap secara optimal akan memperluas jaringan pemasarannya.
Biasanya dia hanya memegang stok dua sampai lima eksemplar, kemudian dipromosikan lewat facebook dan dilihat bagaimana respon  dari konsumen. Jika peminat suatu buku cukup tinggi, maka dia berani untuk memesan lebih banyak buku.
Dari sekian tema buku yang Amah jual, buku dengan peminat paling tinggi adalah Parenting++ (Elly Risman dan keluarga), Islamic Parenting, Juz’Amma Sains dan Seri Amazing.

Buku Seri Amazing

Buku Best Seller

Buku Best Seller


Selain menyediakan buku-buku bermutu untuk para orangtua dan anak, Amah juga tak segan untuk membantu calon konsumennya menentukan jenis buku sesuai kebutuhannya. Berawal dari kecintaannya kepada dunia literasi, membawanya untuk andil dalam menyebarkan manfaat melalui buku.
Bagi Amah, bisnis buku parenting dan anak bukanlah sekadar bisnis. Menularkan kecintaan membaca kepada orang lain sama artinya dengan menularkan semangat dalam menuntut ilmu. Tak hanya anak-anak yang perlu belajar. Karena sejatinya, menjadi orangtua pun adalah proses belajar tiada henti.
Anda yang tertarik untuk berkonsultasi lebih lanjut tentang buku parenting dan anak, bisa hubungi Amah melalui kontak berikut ini :
SMS/WA : 082388529730
Facebook : Marhamah Za
FP : Kedai Buku Rasyman


2 komentar: